Recent Posts

Sobat blogger...Sebelum membahas lebih lanjut tentang komponen komponen elektronika serta penerapannya dalam rangkaian elektronika, barangkali ada baiknya kalau kita memahami dulu apa sih sebenarnya Elektronika itu..??


Menurut para ahlinya Elektronika didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang gerakan elektron dalam ruang hampa atau ruang berisi gas bertekanan rendah, seperti pada tabung hampa, tabung gas, semikonduktor dari superkonduktor beserta kegunaannya. 
Sebagian lainnya mengatakan Elektronika adalah ilmu yang mempelajari peralatan-peralatan listrik yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi.

Sementara, kata Elektronik itu sendiri merupakan kata sifat yang dipakai berkaitan dengan piranti-piranti kekalang, atau system yang menggunakan piranti elektron. Misalnya pengemudi elektronik (electronic control), perlengkapan elektronik (electronic equipment), piranti elektronik (electronic device) dan instrument music elektronika.

Dalam bidang elektronika dikenal ada dua jenis komponen yang kelompokkan berdasarkan butuh atau tidaknya arus listrik untuk bekerja. Dua macam komponen ini adalah komponen aktif dan komponen pasif. Kedua macam komponen elektronika ini selalu ada dalam setiap rangkaian elektronika.

Komponen aktif
adalah jenis komponen elektronika yang memerlukan arus listrik agar dapat bekerja dalam rangkaian elektronika. Contoh komponen aktif ini adalah DiodaTransistor dan IC juga Lampu Tabung. Besarnya arus panjar bisa berbeda-beda untuk tiap komponen komponen ini.
 
komponen pasif adalah jenis komponen elektronika yang bekerja tanpa memerlukan arus listrik. Contoh komponen pasif adalah resistor, kapasitor, transformator/trafo, dioda dsb.

Dalam rangkaian elektronika kedua jenis komponen ini hampir selalu digunakan bersama-sama, kecuali dalam rangkaian-rangkaian pasif yang hanya menggunakan komponen-komponen pasif saja misalnya rangkaian baxandall pasif, tapis pasif dsb. Untuk IC (Integrated Circuit) adalah gabungan dari komponen aktif dan pasif yang disusun menjadi sebuah rangkaian elektronika dan diperkecil ukuran fisiknya.
Dalam rangkaian elektronika itu sendiri terdapat berbagai macam komponen, seperti dioda, kapasitor, resistor, transistor, Trafo, IC (Integrated Circuit) dan banyak lagi yang lainnya. masing-masing komponen memiliki fungsi yang sangat penting pada setiap rangkaian Elektronika.

Monday 19 September 2011

0 comments

Post a Comment

Silahkan beri komentar

Sponsors